Selasa, 04 Maret 2008

Ternyata kita ngutang [bukan BH] dari kandungan…?

Sebuah berita yang pastinya bakal mengejutkan siapa saja yang belum tahu (ehm.. ya iya lah!) atau hanya membuat orang mengeryitkan dahi sambil berguman “lha wong ini INDONESIA kok, ya wajarlah!” atau mungkin ada yang begitu mendengar langsung tertawa terbahak-bahak dan langsung digotong ke RSJ.

Ternyata eh ternyata, Indonesia bangsa kita tercinta ini pun punya utang sebelum dia mbrojol jadi NKRI taukan singkatannya apa? Haiyah…

And yang paling ngejutin lagi,.. utang itu baru dilunasin tahun 2003 kemarin. Utang ini berasal dari utang om-om walanda (baca : orang belanda yang udah ngeruk hasil berlimpah dari rahim ibu pertiwi selama 350 tahun) besarnya se kalo ga salah inget sekitar $40juta (detailnya baca jawa pos aja 2 minggu lalu. Tanggalnya lupa, he he) yang dengan begitu santainya membebankan utang (bukan kutang=beha) ama bangsa kita ini. Jadi secara nggak langsung kita ini baru MERDEKA dari om-om belanda ya taon 2003 itu.

Jadi sebenarnya kita itu kaya dalam bidang apa se? bahkan ne denger-denger berita radio cawang kotak milik bapak, baca-baca dikit dari artikel dikoran-koran bekas bungkus kacang and liat-liat berita tipi disela-sela program sinetron cengeng dan adegan mesum yang disensor setengahnya bahwa bayi yang baru nongolin kepalanya di bumi Indonesia ne udah nanggung utang? Begitu hebatnyakah Indonesia tercinta ini ampe semua penduduk dari generasi pakaian dari kulit pohon, dari karung goni ampe sutra ne ga pernah bisa ngelepas hidupnya (baca: mati) terbebas dari utang. Wiuh…,

Trus ne salah sapa? Tauk lah ne salah sapa, ga usah nuding presiden soekarno, soalnya dia memerintah ne bangsa, ne bangsa juga udah punya utang, trus nyalahin mbah harto, ya ga perlu lah soalnya dia mewarisi pemerintahan om soekarno ne bangsa juga punya utang, bahkan inflansi ampe 650% (Tani Merdeka edisi februari.), ato Mr. habbibie? Ga juga, mbah gus dur? Jangan lah! Ibu megakarti, eh megawati?(jujur ne, saia mah lebih setuju ibu megakarti yang jadi presiden, lucu bo’ he he), ato kang mas SBY? Ya janganlah! Karena kita harusnya menyalahkan mereka semua, whe he he… menyalahkan diri kita sendiri, kenapa kita bisa begitu mudah dibodohi dan dikadali seperti ini.

Da point is; isn’t da time buat nyalah-nyalahin orang lain, merasa jadi paling bener and paling pinter, tapi sudah waktunya kita bisa menilai kekurangan diri kita sendiri, berusaha lebih baik untuk memperbaiki keadaan yang ga baik-baik ne,… ok brada let’s do it, or die aja dah! Ganyang Malaysia! Lho kok? He he :)

Tidak ada komentar: