Selasa, 18 Maret 2008

SAIA BANGGA JADI ORANG INDONESIA.

Masih jaman ya malu ma bangsa sendiri? Ato masih musim kita harus nutup-nutupin diri bahwa kita lahiar dari rahim ibu prertiwi, NKRI bangsa Indonesia tercinta [pas nulis ne temen saia nyeletuk “ibu saia waginah, bukan pertiwi!” he he]. apa se yang perlu dibangga-banggain dari negeri ini?muak iya!

Hwe heee… tenang bro, jangan nyolot dulu.

Emang se ga da yang special dari negeri ini, korupsi yang masuk 10 besar peringkat dunia pun terlalu memalukan untuk sekedar disanjung, ato kemelaratan yang masih setia sama bangsa ini pun tidak lah juga etis untuk menjadi sebuah indicator membanggakan bangsa ini. SDM kita? Ehmm… kita punya banyak orang pinter kan? Perlu dibanggain ga? Keliatannnya juga enggak deh! Soalnya makin banyak orang pinter diatas sono, makin bejat aja keliatannya. SDA kita? Wooow.. embah saia dulu selalu berapi-api ketika menceritakan betapa kaya rayanya kandungan ibu pertiwi ini, bahkan saia sempet punya cita-cita buat jadi presiden negeri ini, menggagahi ibu pertiwi dan mengeruk semua kekayaannya, rakus ya? Biarin! Tapi syukurlah saia ga jadi presiden, karena pas SD saia tau bahwa ibu pertiwi ga se kaya yang diceritaiin ma embah, embah hanya cerita dongeng prasejarah yang ending nya selalu BAHAGIA SELAMANYA.

Pas kelas SD saia mikir kalo emang ne Negara kaya, kenapa embah ga bisa beliin saia buku yang seharusnya di Negara sekaya ini digratisiin bukan di jual. Akhirnya saia pun punya perkembangan otak yang jauh lah dari istilah intelek, 100 milyar sel otak saia ga bisa optimal di asuhan ibu pertiwi yang kaya raya ini. Hiks… jadi bayangin kalo saia jadi presiden? Percuma juga gagahin ibu pertiwi, karena bangsa ini udah digagahin ama bangsa lain sejak dulu kala… jadi inget lagu ne saia;

Wanita dijajah pria sejak dulu……

Dan seperti itulah bangsa ini, perlu dibanggain??sabar bro, karena pertanyaan itu yang selalu saia Tanya sama embah saya, embah saia yang ga pernah ngalamin yang namanya sekolah, ga tau ne huruf A, B, C, ato apalah tapi selalu pake bahasa kromo kalo berbincang. Ga pernah pegang duit banyak, [embah cerita, beliau belum pernah punya duit 100 ribuan, liat ma megang aja se udah!], dari sosok embah yang hanya seorang petani desa dengan tegalan yang sekarang makin kering karena hujan udah ga bisa diharapkan turun seperti biasanya.

Embah yang selalu nrimo di jaman PDA udah dipegang ama tukang becak, laptop udah jadi kalkulatornya emak-emak dagang dipasar, cangkul udah brubah jadi traktor, bahkan minyak tanah udah mo berubah jadi gas. Tapi embah tetep pake cangkul, embah tetep pake kayu bakar, dan embah masih suka ngirim surat [yang pastinya ditulisin ma tetangga, bro!] pake perangko lewat pak pos yang bunyinya udah ga kring..kring… lagi.

Lha ini apa hubungannya dengan BANGGA MA BANGSA[tanpa T ya!] INDONESIA ini? Kok malah nyritain embah se? he he… nyantai napa bro! sabar!

Bangsa ini memang korup, bangsa ini memang bangsat jika dinilai dari kekayaannya yang melimpah tapi masih banyak yang mlarat dan bangsa ini memang ga pantas buat dibanggain jika kapasitasnya sebagai bangsa tapi masih punya pemerintahan sontoloyo kayak gini. Tapi whatever lah! Sebagai manusia yang berKTP Indonesia, lahir, dibesarkan dan kelak meninggal di Indonesia[semoga.] saia harus tetap bangga ma bangsa ini. Belajar dari embah saia.

Nyadar ga kita? Ditengah carut marutnya pemerintahan tai kucing yang selalu menaikkan harga seenak udelnya, mencekik penduduknya dan secara langsung mengajak pemerataan kemelaratan ini tapi masih begitu banyaknya orang yang NRIMO banget kayak embah, embah seakan-akan tidak pernah merasakan betapa orang-orang kota yang selalu dekat sama pejabat[tai] kesulitan makan, karena harga yangga terjangkau lagi.

Orang-orang seperti embah yang dengan sisa-sisa tenaganya berusaha buat menyesuaikan diri dengan apa yang terjadi sekarang, sabar. Ya, sabar!kata itu yang selalu diucapkan embah, orang-orang desa yang selalu di telikung sama tengkulak waktu panen tapi jarang sakit meskipun semua cumin cukup buat makan doing.

Embah yang dulu makan beras untuk sarapan, makan siang dan malam. Tapi sekarang beliau makan ketela pohon. Kata embah se “lha wong dulu embah malah makan bonggol pisang.”, embah yang tidak pernah tergoda buat merubah dinding bambunya jadi tembok permanent, “biar esis [dingin]” gitu kata embah, dan memang embah ga butuh AC atau kipas angin. Dan embah yang selalu menggunakan pupuk kandang dan bukan pupuk kimia yang makin mahal, embah yang masih setia mbakar telur dengan daun pisang, embah yang masih begitu sehat di usianya yang ke 70 meskipun tanpa banyak duit dan makan seadaanya, embah yang selalu nrimo dan sabar. Embah juga tidak pernah menghujat pemerintahan, ketika ditanya pak RT dengan dialegnya yang khas beliau bilang ”lha wong kulo niki namung rakyat alit, kersanipun gusti alloh ingkang mbales.”

Jadi banggalah kita manusia Indonesia, [bukan karena ada embah saia, he he ] bangga karena kita ternyata tidak hidup di Negara bar-bar, bangga karena ternyata kita masih dikelilingi oleh orang-orang yang sabar… banggalah, dan tetap berusaha membanggakan diri, karena siapa yang bakalan membanggakan bangsa ini kalo bukan KITA?

Biarkan BANGSA[T]-BANGSA[T] diatas sana tertawa dengan penderitaan kita.., dan biarkan kita tersenyum dengan sedikit kebahagiaan atas derita kita…

Bagimu negeri, jiwa raga kami.


Don't worry about a thing,

'Cause every little thing gonna be alright.

Don't worry about a thing,

'Cause every little thing gonna be alright!"

Rise up this morning,

Smiled with the rising sun,

Three little birds

Pitch by my doorstep

Singing sweet songs

Of melodies pure and true,

Saying, This is my message to you

Don't worry 'bout a thing,

'Cause every little thing gonna be alright.

Don't worry 'bout a thing,

'Cause every little thing gonna be alright!

(tree little bird, uncle bob)

Tidak ada komentar: